Rabu, 23 November 2022

Desa Banjarsari Terbaik, Masuk Nominasi Penilaian Tim Provinsi Kalsel

3 min read
24 Juni 2022
 
Asiasatunews.com, Batulicin
Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Kalimantan Selatan  mengunjungi salah satu desa yang ada dalam wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.
 
Terkait kunjungan tim penilai tersebut dalam rangka melakukan Penilaian lapangan pada Lomba Desa Tahun 2022.
 
Kedatangan Tim tersebut disambut  Bupati HM. Zairullah Azhar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Samsir, serta Kepala Desa Banjarsari, Aep Saipudin beserta jajaranya, Kamis (23/6/2022).
 
Kedatangan tim bersama dengan rombongan itu disambut dengan tarian selamat datang yang merupakan salah satu kearifan lokal desa setempat, dan disambut dengan antusias masyarakat desa setempat.
 
Desa Banjarsari yang dikunjungi tim penilai itu berada di Kecamatan Angsana, merupakan salah satu desa yang mewakili Kabupaten Tanah Bumbu pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2022.
 
Sambutan Bupati Tanah Bumbu HM. Zairullah Azhar, yang disampaikan Kepala Dinas PMD, Samsir mengatakan, ucapan selamat datang di Desa Banjarsari Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah kepada Tim penilai Provinsi.
 
“Adapun 3 (tiga) besar desa yang masuk nominasi Lomba Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Desa Banjarsari (Kabupaten Tanah Bumbu), Desa Karang Intan (Kabupaten Banjar) dan Desa Tanta (Kabupaten Tabalong),” sebut Samsir.
 
Dikatakanya, sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, yang mana perlombaan desa dilaksanakan secara berjenjang dari Tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai Regional Nasional.
 
Untuk Desa Banjarsari ini merupakan Desa Terbaik 1 pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2022 yang kemudian berhak mewakili Tanbu pada Lomba Desa Tingkat Provinsi.
 
Sementara itu, dengan terpilihnya Desa Banjarsari masuk dalam nominasi 3 Desa Terbaik se-Kalsel, Samsir berharap desa Banjarsari menjadi contoh bagi desa lainnya di Bumi Bersujud.
 
Namun yang terlebih penting, sambungnya tujuan dilaksanakan penilaian ini untuk mengetahui sejauh mana desa mampu mengimplementasikan penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, sekaligus juga tim Evaluasi dapat memberikan bimbingan, arahan dan pembinaan, sebagai upaya dalam wujud pembangunan daerah dan desa yang lebih maju, mandiri dan sejahtera .
 
“Kami berharap melalui lomba ini, semoga Desa Banjarsari yang menjadi pemenang, sehingga dapat memberikan semangat dan motivasi bagi desa yang lain untuk berinovasi,” kata Syamsir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Statistik

  • 0
  • 3
  • 3
  • 19.070
  • 11.376

You may have missed