Selasa, 28 September 2021

Bupati Zairullah Resmikan Rumah Sakit Darurat Covid 19 Berkapasitas 104 Pasien

3 min read
10 Agustus 2021
(Fhoto : Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar Resmikan Rumah Sakit Darurat Covid 19, berkapasitas 104 pasien)
 
 
Asiasatunews.com, Batulicin
–  Perioritaskan warga yang terkonfirmasi Vovid 19 Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah, untuk itu Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar resmikan Rumah Sakit darurat Khusus untuk Covid-19, Senin (9/8/2021) tadi.
 
Adapun lokasi Rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19 lokasinya tepat berada di sekitar lokasi Masjid Agung Nurussalam, Kecamatam Batulicin, Tanah Bumbu.
 
Sebelumnya Rumah sakit darurat khusus untuk Covid-19 ini  merupakan Gedung Mahligai bersujud yang digunakan tempat kegiatan rapat Pemda Tanbu, yang kini dialihkan fungsikan menjadi rumah sakit darurat Covid-19.
 
Untuk kapasitas daya tampung  rumah sakit darurat sebanyak 104 pasien tempat tidur, dengan jumlah  26 kamar, tiap kamarnya ada 4 bed, dengan total keseluruhan 104 tempat tidur dan ditambah dengan ruangan tenaga medis serta sejumlah toilet.
 
Gedung mahligai tersebut dijadikan rumah sakit darurat oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tanah Bumbu.
 
Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar dalam sambutannya usai meremikan rumah sakit darurat tersebut mengatakan, dalam situasi pandemi covid-19, Tanah bumbu dalam satu bulan terakhir ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
 
” Oleh sebab itu, kita mengantisipasi denga cara membuat rumah sakit darurat ini, sebab rumah sakit umum daerah tidak mampu lagi untuk menampung,” Kata Zairullah Azhar.
 
Selain itu, Desa dan kecamatan saat ini juga sudah menyiapkan rumah karantina.
 
Untuk fasilitas rumah sakit darurat ini juga akan terus penuhi guna kenyamanan pasien covid. Sehingga saat mereka dirawat, bisa segera sembuh.
 
Terkait keberadaan Rumah sakit darurat Covid 19, Bupati Zairullah berharap agar masyarkat lebih sadar akan pentingnya protokol kesehatan (Prokes) sehingga tidak mudah terpapar wabah virus Covid -19, tegasnya.
 
Saat ini banyak pihak perusahaan yang menjadi penyumbang Covid-19 cukup tinggi setelah mereka melakukan, cuti dan kunjungan kerja kelur daerah.
 
“Harusnya ketika dari kunjungan atau cuti ditiadakan, apabila itu urgent harus dikarantina dulu oleh pihak perusahaan sehingga tidak menimbulkan klaster baru terkait penyebaran Covid-19 di Tanah Bumbu,” Kata Zairullah Azhar.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanbu, H Setia Budi, mengatakan, untuk hari ini sudah ada 10 orang pasien yang akan menempati rumah sakit darurat khsusus Covid ini.
 
” Tenaga kesehatan sudah kita siapkan di rumah sakit darurat ini, Sebab dalam dua bulan terakhir peningkatannya sangat signifikan, kurang lebih 685 pasien positif, meski disisi lain angka kesembuhan juga tinggi,” Jelasnya.
 
Turut berhadir pada acara peresmian itu, diantaranya Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, sejumlah kepala SKPD dan seluruh Kepala Puskesmas Tanah Bumbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 30
  • 16
  • 10.424
  • 6.905

You may have missed