Kamis, 8 Desember 2022

Bupati Zairullah Melantik 172 Pejabat Struktural Menjadi Piejabat Fungsional

2 min read
30 Desember 2021
 
Asiasatunews.com, Batulicin
– Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat struktural menjadi jabatan fungsional, Kamis (30/12/2021) siang.
 
Sebanyak 172 pejabat struktural eselon IV yang dilantik Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar menjadi fungsional.
 
Adapun upacara pengambilan sumpah janji dan pelantikan tersebut, berlangsung di Gedung auditorium Mahligai Bersujud Kapet Kecamatan Simpang Empat, disaksikan, Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, Kepala BKD Kabupaten Tanah Bumbu, dan para Kepala SKPD.
 
Bupati Zairullah mengatakan, bahwa pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional dan penyetaraan dalam jabatan ini dilaksanakan berdasarkan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021, tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Kemudian Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi, dan Surat Mendagri No 800/8309/OTDA tentang Persetujuan Penyetaraan Jabatan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
 
“Terkait pelantikan ini kita lakukan adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Kita lakukan penyederhanaan birokrasi, yang tadinya proses dari 3 tingkat (Eselon II, III dan IV) kini menjadi 2 tingkat (Eselon II dan III) ,” tegas Bupati.
 
Adanya penyederhanaan birokrasi ini, diharapkan nantinya kinerja para ASN bisa lebih baik lagi. Untuk struktur organisasi dari penyederhanaan struktur ini yakni jabatan Struktural Eselon IV dihapus dan dialihkan menjadi pejabat fungsional, katanya.
 
“Sistem kerja harus berubah lebih cepat dan profesional. Selanjutnya bagi pejabat eselon IV yang disetarakan ke fungsional akan diberikan tugas tambahan sebagai koordinator pejabat maupun subkoordinator di lingkungan kerja, dan akan mendapatkan TPP yang setara dengan jabatan struktural. Sehingga diharapkan tidak berdampak pada pejabat pejabat tersebut,” sebut Zairullah..
 
Sementara itu usai pelantikan Sekretari Daerah H. Ambo Sakka memberikan wejangan kepada seluruh pejabat fungsional yang baru dilantik agar langsung menyesuaikan, karena pelantikan ini merupakan perubahan “casingnya” saja, namun fungsi jabatan masih melekat seperti jabatan adminstrasi sebelumnya.
 
“Jangan berkecil hati, bagi pejabat fungsional yang baru saja disetarakan, harapan saya justru akan lebih semangat berkreasi dalam tugasnya, sehingga peluang untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi semakin terbuka, harap Zairullah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Statistik

  • 0
  • 25
  • 4
  • 19.527
  • 11.609

You may have missed